Senin, 22 Februari 2016

HARI PRIMATA LAMPUNG

Di dunia terdapat lebih dari 440 jenis primata (bangsa kera dan monyet) dan lebih dari 40 jenis diantaranya hidup di Indonesia. Namun sayangnya persatuan konservasi dunia, IUCN, dalam daftar jenis satwa terancam punah menyatakan bahwa sepertiga dari seluruh jenis primata dunia telah berstatus Kritis (Critically Endangered) ataupun Rentan (Vulnerable).
IUCN juga secara berkala menerbitkan daftar 25 jenis primata yang paling terancam punah di dunia. Pada periode 2012-2014, terdapat 3 jenis primata Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut yaitu Tarsius Kerdil (Tarsius pumilus), Kukang Jawa (Nycticebus javanicus), dan Simakobu (Simias concolor). Dua jenis primata lain yang dipertimbangkan namun akhirnya tidak dimasukkan dalam daftar adalah Bekantan (Nasalis larvatus) dan Surili Jawa (Presbytis comata).
Selain dari lima jenis primata di atas, nasib dari jenis primata lain pun bukan berarti baik. 70% primata Indonesia terancam punah akibat hilangnya habitat dan penangkapan illegal untuk diperdagangkan. Sayangnya, banyak masyarakat yang membeli dan memelihara primata dengan dalih kasih sayang, padahal menyayangi tidak seharusnya dilakukan dengan mengurung mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar