Rabu, 27 Maret 2013

Pemadaman Kebakaran Hutan di Taman Nasional Way Kambas

KEBAKARAN HUTAN RABU, 25 JULI 2012 DI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS



Kebakaran hutan. Ancaman kebakaran hutan di TNWK cukup tinggi, yang ditunjang dengan kondisi vegetasi dan perubahan cuaca. Lokasi yang rawan kebakaran hutan antara lain RPTN Bungur, RPTN Penanggungan, RPTN Susukan Baru, RPTN Plang Hijau dan RPTN Kuala Penet. Lokasi yang cukup jauh menyulitkan upaya pemadaman kebakaran hutan oleh personil. Daerah yang rawan kebakaran hutan mencapai 40.000 ha sesuai dengan penutupan lahannya.


Kebakaran hutan terjadi pada hari Rabu 25 Juli 2012, tanda kebakaran sudah terlihat sejak pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB berupa asap kelam dari areal hutan blok 4. Informasi adanya kebakaran diperoleh dari petugas yang berada di lokasi Restorasi Resort Margahayu. Kemudian pemantauan adanya kebakaran hutan dilakukan juga melalui menara pengamanan kebakaran hutan yang ada di depan kantor resort margahayu. Dari hasil pemantauan terlihat adanya asap kelam yang melambung ke angkasa.   


Kegiatan pemadaman berlangsung mulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Dalam proses pemadaman api tim kehabisan air. Dan mengaharuskan tim kembali ke Pusat Pelatihan Gajah (PLG) untuk mengambil air lagi. Pukul 17.00 Tim sampai di PLG dan melanjutkan proses pemadaman pada pukul 19.00 WIB dan selesai pada pukul 23.00 WIB. Perlengkapan pemadaman kebakaran berupa 2 mobil tangki pemadam dan 1 mobil Dakar. Pemadaman dilakukan dengan menyemprotkan air dari mobil tangki ke sumber api dan dilakukan dengan system menggebuk secara langsung sumber api menggunakan ranting pohon yang masih hijau daunnya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar